5 Ide Kegiatan Bermanfaat untuk Ngabuburit Ramadan

ide kegiatan bermanfaat untuk ngabuburit ramadan
Ngabuburit

Bulan Ramadan bulan penuh kebaikan. Di bulan yang penuh kebaikan ini selayaknya kita isi dengan kegiatan yang bermanfaat. Saat Ramadan tiba (bukan marhaban tiba, ya), setiap sore hari ada ngabuburit. Ngabuburit berasal dari kata ‘burit’ yang berarti sore atau petang. Adapun istilah ngabuburit berasal dari bahasa sunda yang berarti mengisi kegiatan untuk menunggu petang. Istilah ngabuburit ini kemudian populer dan identik dengan Ramadan. Agar ngabuburit Ramadan lebih berfaedah, kita bisa mengisinya dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Berikut ini lima ide kegiatan bermanfaat untuk ngabuburit Ramadan.

5 Ide Kegiatan Bermanfaat untuk Ngabuburit Ramadan

1. Ikut Kajian

Pada bulan Ramadan, kajian yang tersiarkan lebih banyak dari hari-hari biasa. Setiap sore menjelang berbuka puasa biasanya masjid-masid mengadakan kajian. Bahkan di kota-kota besar masjid tidak jarang mendatangkan pemateri-pemateri yang cukup terkenal. Dengan mengikuti kajian, kita tidak hanya sekedar menunggu azan maghrib tapi juga mengisi waktu dengan ilmu. Ditambah ada beberapa masjid yang menyediakan menu buka puasa gratis untuk jamaah. Sudah ngabuburit tambah ilmu, tambah takjil gratis pula. Namun, jika kita berhalangan ke masjid, kita juga bisa mendengarkan kajian lewat live streaming. Jaman sekarang, pengetahuan semakin  mudah diakses ya.

2. Tadarus Al-Qur`an

Selain pengajian, ngabuburit juga bisa diisi dengan tadarus Al-Qur`an. Bagi yang punya target one day one juz atau lebih, momen ngabuburit bisa dijadikan untuk menyelesaikan target tadarus Al-Qur`an. Namun, jangan lupa buka puasa ya, nanti saking asyiknya tadarus sampai tidak sadar kalau ternyata sudah azan magrib.

3. Berbagi Takjil

Berbagi itu indah. Berbagi takjil bisa menjadi salah satu ide kegiatan bermanfaat untuk ngabuburit. Ada banyak cara untuk berbagi takjil. Ada yang berbagi dengan orang-orang di sekitar tempat tinggalnya, ada yang membeli takjil di pasar Ramadan lalu membagikannya kepada orang-orang yang dirasa membutuhkan, atau berbagi takjil gratis di perempatan lampu lalu lintas. Bahkan, beberapa hari yang lalu aku mendapat takjil gratis saat berhenti di perempatan lampu merah.

4. Membaca

Ide kegiatan bemanfaat untuk ngabuburit lainnya adalah membaca. Buat para kutubuku maupun kutu beras, maaf, maksudnya yang bukan kutu buku, ngabuburit bisa diisi dengan membaca buku. Bebrapa orang menyebut kegiatan ini dengan istilah ngabuburead, gabungan dari kata ‘ngabuburit’ dan ‘read’. Buku apa yang dibaca? Buku apa saja yang teman-teman sukai (termasuk buku tabungan). Apalagi jika bukunya cocok dengan suasana Ramadan. Wah, pas banget tuh!

5. Membantu Menyiapkan Buka Puasa

Anak rumahan merapat! Bagi yang tinggal di rumah dengan orang tua, mungkin sore hari adalah waktu bagi orang rumah untuk sibuk menyiapkan menu buka puasa. Sebagai anak yang berbakti, sudah selayaknya kita membantu orang tua menyiapkan makanan berbuka puasa. Kadang-kadang kita perlu memasak sendiri hidangan buka puasa. Tentu saja memerlukan waktu dan tenaga. Apalagi jika menu yang dimasak banyak dan penghuni rumahnya juga banyak. Kalau dikerjakan bersama-sama, kan terasa lebih ringan.

Ternyata banyak juga ya, kegiatan bermanfaat untuk ngabuburit. Apakah aku sendiri sudah melakukan semuanya. Ah, jujur saja belum, kepikiran saja baru kemarin. Menulis lebih mudah daripada mengimplementasikan, huhu.

Apakah berarti kegiatan ngabuburit yang tidak tertulis di sini tidak bermanfaat? Tentu saja tidak. Ini hanya sebagian kecil dari beribu kebaikan yang tak pernah kita sadari. Ah, bukankah memang kebaikan yang sudah kita lakukan itu tidak perlu dihitung-hitung?

Kalau kalian, ngabuburitnya biasanya ngapain? Kalau teman-teman ada ide kegiatan bermanfaat untuk ngabuburit, bisa dibagikan di komentar ya.

Sampai jumpa di tulisan berikutnya

 

Sumber:

KBBI daring. Diakses 2 April 2024. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/burit/

Wikipedia. 2023. Ngabuburit. Diakses 2 April 2024. https://id.wikipedia.org/wiki/Ngabuburit/

______. 2022. Tahukah Kamu? Istilah Ngabuburit Ternyata Berasal dari Bahasa Sunda. Diakses 2 April 2024. https://www.unpas.ac.id/tahukah-kamu-istilah-ngabuburit-ternyata-berasal-dari-bahasa-sunda/

****

Tulisan ini diikutsertakan dalam BPN Ramadan Challenge dari Blogger Perempuan Network. Info lebih lengkap tentang challenge ini bisa dilihat di akun Instagram atau situs web Blogger Perempuan.