[REVIEW] Sabun Muka Viva Pink: Viva White Clean Mask Refreshner For All Skin Type

Perhatian!
Review sabun muka Viva ini murni inisiatif pribadi, tidak berafiliasi dengan pihak manapun.

sabun muka Viva pink

Apakah ada sabun cuci muka dari Viva? Ada dong. Ini dia sabun muka viva: Viva White Clean Mask Refreshner For All Skin Type.

Wah panjang banget ya namanya. Tapi biasanya kalau mau beli aku lebih suka bilang sabun muka viva yang pink. Lebih simpel. Kenapa yang pink? Memang ada berapa warna? Ada berapa varian Viva White Clean Mask? 

Ada tiga varian sabun muka viva. Warna hijau, warna pink, dan warna oranye. Warna hijau adalah sabun muka viva untuk kulit berminyak dan berjerawat, warna pink adalah sabun muka viva untuk semua jenis kulit, dan warna oranye adalah sabun muka viva untuk kulit kering.

Sebelumnya aku pernah menulis review sabun muka viva untuk kulit kering (warna oranye). Memang sebelumnya aku menggunakan sabun muka varian tersebut karena saat itu kulitku kering. Apalagi jika cuaca dingin. Kadang-kadang bisa sampai sedikit mengelupas dan iritasi.

Akan tetapi, akhir-akhir ini saat cuaca panas kok kulitku berminyak ya. Bagian area T berminyak tapi bagian lain kering. Aku kan jadi bingung harus pakai sabun muka apa. Pakai sabun muka untuk kulit kering nanti tambah berminyak, pakai sabun muka untuk kulit berminyak nanti yang kering semakin kering dan iritasi. Jadi, kuputuskan untuk mencari sabun muka yang kira-kira bisa untuk kulit kombinasi tersebut. Akhirnya kucobalah sabun muka viva ini: Viva Wite Clean Mask Refreshner For All Skin Type. Klaimnya bisa untuk semua jenis kulit. Hmm, apakah benar? Coba kita lihat nanti, hehehhhh.

Mengapa Viva? Karena sebelumnya aku menggunakan sabun muka viva. Skincare-ku yang lain seperti day cream dan sun screen juga dari merek Viva. Nah, karena biasanya aku menggunakan skincare sepaket satu merek, untuk sabun muka aku juga menggunakan Viva biar kulitku tidak kaget. Begitu, teman-teman.

Loh, kok sudah panjang aja, review-nya mana ini? Oke deh, kita lanjutkan untuk ke inti review sabun muka Viva pink, Viva White Clean Mask Refreshner For All Skin Type.

Review Sabun Muka Viva Pink: Viva White Clean Mask Refreshner For All Skin Type

Sabun muka Viva varian pink ini dikemas dengan kemasan seperti kebanyakan sabun muka pada umumnya, dengan wadah tube dengan tutup bukaan, bukan ulir. Pada kemasan terdapat keterangan mengnani nama produk, keterangan produksi, berat, komposisi, fungsi produk, manfaat produk, cara pemakaian, tanggal kadaluarsa, barcode, BPOM, dan logo halal MUI.

viva white clean mask refreshner for all skin type

VIVA WHITE CLEAN MASK REFRESHNER
For All Skin Type

Produsen: PT Vitapharm, Surabaya
Netto: 50 g
Kadaluarsa: Agustus 2026
BPOM: NA18130200169

Komposisi Sabun Muka Viva Pink (Viva White Clean Mask Refreshner For All Skin Type)

Aqua, Kaolin, Propylene Glycon, Acrylates/Vinyl Neodecanote Crosspolymer, Lauryl Glucoside, Potassium Luryl Phosphate, Cl 77891, Cocamide DEA, Dipropylene Glycol, Divinyldimethicone/Dimethicone Copolymer, Aloe Barbadensis Gel, Perfume, Panthenol, Methylparaben, Sodium Hydroxide, C12-13 Pareth-23, C12-13 Pareth-3, Yogurt Filtrate, Cyclotetrasiloxane, Phenoxyethanol, Butylene Glycol.

sabun muka viva untuk semua jenis kulit

Cara Pemakaian

Bagaimana cara menggunakan Viva White Clean Mask Refreshner? Sebagaimana tercantum dalam kemasan, cara menggunakan sabun muka ini ada dua yaitu sebagai pencuci muka dan sebagai masker.

Sebagai pencuci muka: keluarkan sabun secukupnya pada telapak tangan, basahi dengan sedikit air, ratakan, dan usapkan pada wajah sambil dipijat perlahan. Bilas dengan air sampai bersih.

Sebagai masker: ratakan pada wajah kecuali area mata dan bibir, biarkan kurang lebih 3 menit, bilas dengan air sampai bersih. Gunakan dua kali seminggu.

Aku biasanya mengunakannya sebagai pencuci muka, belum pernah menggunakannya sebagai masker karena malas maskeran, hehe.

Pengalamanku Menggunakan Viva White Clean Mask Refreshner

Klaim produk ini adalah menjaga kelembapan dan kelembutan kulit wajah dari ekstrak yoghurt, ekstrak lidah buaya, dan D-Panthenol.

Saat pertama kali menggunakannya, aku cukup terkejut karena area T wajahku lebih tahan minyak daripada biasanya. Setelah beberapa hari pemakaian, sepertinya terasa kecocokannya di wajahku. Minyak area T berkurang, kulit juga tidak terlalu kering. Pas lah meski tidak sempurna. Tidak sampai glowing bersinar seperti ketiban cahaya Ilahi. Sejauh ini sabun mukanya tidak menimbulkan masalah untuk wajah.

Tekstur sabun ini sedikit encer seperti tanah liat yang dicampur air dan berwarna agak pink. Saat diaplikasikan tidak berbusadan tidak membuat wajah seperti tertarik.

Untuk wanginya, sabun muka Viva varian pink lebih wangi daripada yang oranye. Ada sebagian pengulas produk ini yang kurang menyukai wanginya tapi buatku wanginya masih oke.

Di bawah ini aku mencoba menggunakan sabun muka Viva untuk menghilangkan noda kulit dari eyeliner pensil Viva, mascara Xi Xiu, pensil alis Implora, dan celak Kajal. Ternyata bisa bersih juga. Akan tetapi, make up ini memang bukan make up yang super duper water proof ya. Aku juga perlu menggosok sedikit keras agar bekas make up-nya hilang maksimal. Hasilnya seperti di bawah ini.

Selain itu, aku juga mencoba mengaplikasikannya pada kulit tangan yang kuolesi eyeliner cair Xi Xiu. Setelah digosok-gosok dengan sabun ternyata eyeliner-nya hilang. Tangan bersih. Tapi ya itu, gosokannya sedikit keras. Hasilnya seperti di bawah ini. Dari atas ke bawah: sebelum, saat, dan sesudah dibersihkan dengan sabun.

Untuk membersihkan make up sepertinya memang diperlukan double cleansing. Sebelum menggunakan sabun muka, gunakan milk cleanser atau micellar water, baru kemudian lanjut bilas dengan sabun muka.

Kesimpulan

Sejauh ini sabun muka Viva White Clean Mask Refreshner For All Skin Types cocok untuk kulitku. Sesuai dengan keterangan produknya, For All Skin Type, sepertinya produk ini memang cocok untuk kulit normal dan semua jenis kulit meski katanya kalau ada klaim cocok untuk semua jenis kulit, itu artinya tidak cocok untuk kulit apapun.

Oh iya, satu lagi, berapa harga sabun Muka Viva pink ini? Aku membali di swalayan terdekat harganya sekitar Rp11.000 - Rp13.000. Kalau beli di toko resmi Viva mungkin sekitar Rp15.000.

Sekian review sabun muka Viva White Clean Mask Refreshner For All Skin Type dariku. Kalau ada diskusi silakan ditulis di kolom komentar. 

Terima kasih

Semoga harimu baik selalu

Sampai jumpa!