Tips Berpuasa di Bulan Ramadan Tanpa Bau Mulut

 

Tips Berpuasa di Bulan Ramadan Tanpa Bau Mulut

Tips Berpuasa di Bulan Ramadan Tanpa Bau Mulut

Tips berpuasa Ramadan tanpa bau mulut ini kudapat dari berbagai media atau platform kesehatan yang kemudian kurangkum. Ada banyak sekali tips-tips yang diberikan agar saat berpuasa di bulan Ramadan, mulut kita tidak bau. Sudahlah, akui saja kalau kita pernah merasa tidak nyaman karena tidak sengaja menghirup aroma napas tidak enak dari orang yang berpuasa. Atau jangan-jangan kita sendiri pernah menggangu kenyamanan orang lain dengan bau mulut kita tanpa kita sadari.  

Sudah bukan rahasia lagi jika masalah bau mulut menjadi masalah yang cukup krusial bagi orang berpuasa. Saat SMP, seorang guru non muslim pernah mengira kalau orang berpuasa tidak gosok gigi. Mengapa? Karena bau mulut. Waduh, kalau kaya gini kan jadi tidak enak. Tidak enak di kedua belah pihak. Pihak sana juga tidak nyaman dengan bau mulut kita, pihak kita juga tidak nyaman karena tersinggung.

Sebenarnya orang puasa bukan berarti puasa gosok gigi juga. Aku sendiri selalu mengupayakan untuk menggosok gigi minimal setelah selesai sahur dan sebelum tidur. Kalau kita sudah gosok gigi, tetapi masih bau mulut, itu artinya antara gosok giginya yang belum bersih, atau ada masalah di tubuhnya.

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan bau mulut saat puasa?

Berdasarkan beberapa artikel kesehatan yang pernah kubaca, ternyata bau mulut itu tidak hanya disebabkan oleh tidak gosok gigi. Ada banyak pemicu bau mulut seperti dehidrasi sehingga mulut kering, gigi berlubang, dan gangguan kesehatan pencernaan.

Lalu bagaimana cara mencegah bau mulut saat puasa? Nah, berikut ini rangkuman tips berpuasa Ramadan tanpa bau mulut yang kudapat dari berbagai sumber.

Tips Berpuasa Ramadan Tanpa Bau Mulut

Untuk mencegah bau mulut saat puasa, kita perlu mengetahui penyebab bau mulut itu sendiri. Penyebab mulut menjadi bau adalah hal-hal berikut.

Makanan dengan Bau Menyengat 

Makanan berbau menyengat antara lain petai, jengkol, bawang. Makanan dengan bau menyengat akan meninggalkan bau yang tidak sedap di dalam mulut.

Kurang Menjaga Kebersihan Mulut 

Mulut tidak bersih biasanya terjadi karena sisa makanan yang menumpuk. Tumpukan sisa makanan ini bisa memicu terjadinya plak dan juga bau mulut. Bayangkan saja habis makan udang goreng dan sambal petai lalu tidak gosok gigi.

Rokok 

Rokok tidak hanya buruk untuk paru-paru tetapi juga buruk untuk kesehatan mulut dan gigi. Rokok bisa memicu noda gigi dan iritasi gusi yang kemudian bisa berkembang menjadi sakit gigi dan radang gusi. Hal inilah yang memicu bau mulut.

Diet Karbohidrat

Bau mulut juga bisa disebabkan karena tubuh kita kekurangan karbohidrat.

Penyakit

Bau mulut juga bisa disebabkan karena penyakit tertentu, seperti infeksi lambung, diabetes, penyakit paru-paru, dan lain-lain.

Setelah mengetahui penyebab bau mulut, lantas apa yang perlu kita lakukan? Kita perlu melakukan hal-hal berikut untuk mencegah bau mulut.

Minum Cukup Air Putih

Selain agar tidak dehidrasi, minum air putih yang cukup bertujuan agar mulut tidak kering sehingga memicu bau mulut. Secara umum, kita dianjurkan minum delapan gelas air putih per hari. Saat puasa Ramadan, kita bisa minum air putih dua gelas saat berbuka, dua gelas setelah tarawih, dua gelas sebelum sahur dan dua gelas setelah sahur. Namun, berbuka dengan es buah atau hidangan berbentuk minuman lainnya, aku minum air putih tidak sampai delapan gelas.

Rutin Gosok Gigi

Kita perlu mengosk gigi dan lidah dengan benar teratur agar sisa sisa makanan di gigi hilang. Para dokter gigi juga menyarankan kita untuk menggunakan benang gigi agar lebih bersih.

Makan Buah dan Sayur

Buah dan sayur yang kaya vitamin mampu meningkatkan produksi liur sehingga mencegah bau mulut karena mulut kering. Oleh karena itu, kita perlu makan buah dan sayur saat berbuka dan sahur. 

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, bisa disimpulkan bahwa kita perlu menjaga kebersihan mulut dan menerapkan pola hidup sehat selama Ramadan dan seterusnya. Jangan sampai bau mulut mengurangi pahala kita saat puasa karena membuat orang lain merasa terganggu. Tapi kan kita tidak bisa mencium aroma mulut kita sendiri, bagaimana kita bisa tahu mulut kita berbau atau tidak?

Aku pernah mendengar dan membaca sekilas (tapi lupa sumbernya) tentang cara mengetahui bau mulut kita sendiri. Caranya, jilat pergelangan tangan sendiri, tunggu hingga kering, setelah kering, coba hirup aroma bekas jilatan tadi. Konon katanya, aroma tersebut adalah cerminan aroma mulut kita. Apakah ini benar? Silakan dicoba sendiri dan tuliskan hasilnya di kolom komentar, hahaha.

Nah, teman-teman, itu tadi tips berpuasa Ramadan tanpa bau mulut yang kudapat dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tulisan berikutnya.

 

Sumber:

Alodokter.Bau Mulut, Kenali Penyebab dan Pencegahannya. Diakses 20 Maret 2024. https://www.alodokter.com/

Andini, Asri Meiy.2023.Tips encegah Bau Mulu Saat Puasa. Diakses 19 Maret 2024. https://www.alodokter.com/

Kemenkes.5 Aktivitas yang Meminimalisir Bau Mulut Saa Berpuasa. Diakses 19 Maret 2024. https://upk.kemkes.go.id/

Makarim, Fadhli Rizal.2021.Alasan Sering Bau Mulut Ketika Puasa. Diakses 19 Maret 2024.https://www.halodoc.com/

Pengalaman pribadi.

Gambar: Ahmed Aqtai via Pexels