Tips dan Rekomendasi Menu Sahur Praktis, Anak Kos Friendly

Menu Sahur Praktis

Tips dan Rekomendasi Menu Sahur Praktis, Anak Kos Friendly

Hari ini sahur pakai apa, Gaes? Bingung? Sama kok, aku kadang-kadang juga bingung. Menentukan menu sahur sama saja dengan menentukan menu makan sehari-hari. Kalau tidak puasa biasanya bingung hari ini makan apa, saat puasa bingung mau sahur pakai apa. Sahur memerlukan lebih banyak usaha daripada sarapan pagi. Kita bangun sahur saat dini hari, saat biasanya kita sedang pulas-pulasnya menikmati alam mimpi yang tidak menjadi nyata. Oleh karena itu, untuk sahur akan lebih mudah jika kita memilih menu yang praktis tanpa kehilangan gizi seimbang.

Aku punya beberapa tips dan rekomendasi menu sahur praktis yang mudah dan tidak perlu waktu lama untuk menyiapkannya. Apa saja tips dan rekomendasi menu sahur praktis tersebut? silakan simak penjelasan berikut.

Tips Sahur Praktis

Berikut ini beberapa tips agar sahur lebih praktis dan tidak perlu lama-lama mempersiapkannya.

Sedia Sambal Kacang

Ilustrasi stok sambal kacang (youtube mama adeva)

Benar, sambal kacang alias sambal pecel. Teman-teman bisa bikin sambal kacang sendiri atau beli sambal kacang. Sambal kacangnya yang berbentuk padat/ bubuk ya. Kalau cair nanti alih-alih jadi stok, yang ada jadi basi. Sambal kacang padat atau bubuk bisa disimpan dalam waktu lama jika disimpan di lemari es. 

Menurutku, sambal kacang adalah dressing yang praktis dan mudah ditemukan maupun dibikin sendiri. Sambal kacang juga cocok dipadukan dengan banyak menu makanan. Bisa dijadikan bumbu pecel, lotek, gado-gado, sotong, atau sekedar pelengkap biar rasa makanan lebih enak.

Jika sudah ada sambal kacang, kita bisa membuat menu pecel atau lotek untuk menu sahur. Sayurannya tidak usah banyak macam. Satu macam saja sucah cukup. Misal bayam, jewor, suring, kacang panjang, kol, dll.

Masak Untuk Berbuka dan Sahur Sekaligus

Tips sahur praktis selanjutnya adalah masak untuk buka dan sahur sekaligus. Makanan yang dimasak menjelang berbuka atau malam hari masih enak sampai waktu sahur asalkan masakan tersebut bukan masakan yang cepat basi seperti sup, bening, sayuran rebus, dan sayuran yang menggunakan bahan kelapa. Jadi, saat sahur kita tidak perlu masak. Kan, masih ada makanan kemarin. Kalau tidak sempat masak sayur minimal masak nasi.

Buat Persediaan Bahan Makanan

Food Prep (Jessie May via Pinterest)

Agar sahur lebih praktis, kita bisa membuat persediaan bahan makanan di dalam lemari es. Istilahnya dikenal dengan food preparation. Untuk sayuran, kita bisa mencucinya, memotongnya, memasukkannya ke dalam wadah kedap udara, lalu menyimpannya di kulkas. Untuk bumbu dapur, kita bisa mengupasnya, mencucinya, menyimpannya dalam wadah kedap udara, lalu menyimpannya dalam kulkas. Untuk bumbu dapur ini ada banyak mazhab. Ada yang tidak memperbolehkan mencuci bawang brambang, ada yang lebih baik dicuci. Ada yang bilang kalau bawang-bawangan lebih baik dikupas langsung saat akan mengolah karena kalau dibiarkan dalam kondisi terkupas dalam waktu lama dapat memicu virus. Jadi, silakan pilih sesuai keyakinan masing-masing.

Peyimpanan bahan makanan ini membuat proses memasak menjadi lebih praktis. Esok hari saat waktu sahur, kita tinggal mengambil sayur dan bumbu bumbu di lemari es, lalu langsung proses memasak. Kita tidak perlu repot-repot memotong dan mencuci sayur.

Rekomendasi Menu Sahur Praktis, Anak Kos Friendly

Setelah membagikan tips-tips sahur praktis, berikut ini kubagikan beberapa menu sahur praktis yang proses pembuatannya mudah dan tidak memakan waktu lama.

Nasi, Tahu Telur Kecap, Sayur Rebus

Nasi dan sayur rebusnya sih sesuai dengan yang ada di rumah kalian, ya. Di sini aku akan membagikan resep tahu telur kecapnya saja. Ini untuk satu porsi. Karena kecapnya cukup banyak, kemungkinan kandungan gula menu ini cukup tinggi.

Bahan-bahan:

  • 1 kotak tahu putih, potong dadu
  • 1 butir telur
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm kecap asin
  • Garam secukupnya
  • Cabai rawit sesuai selera (opsional)
  • Minyak goreng sedikit (sebenarnya lebih enak kalau pakai minyak zaiun tapi mahal)

Alat

  • Teflon anti lengket (teflon kecil saja cukup kok)
  • Sodet (kalau mau lebih mudah pakai sodet silikon)
  • Wadah

Cara Membuat

  1. Kocok lepas telur seperti akan membuat telur dadar
  2. Masukkan potongan tahu putih ke dalam kocokan telur, aduk pelan-pelan agar tahu tidak remuk
  3. Tuang kecap asin ke dalam wadah kecil, tambahkan kecap manis, tambahkan cabai rawit, aduk. Kalau teman-teman tidak suka pedas tidak usah dikasih cabai rawit, apalagi cabe-cabean.
  4. Panaskan minyak dalam teflon anti lengket
  5. Masukkan tahu dan telur, aduk pelan-pelan agar tahu tidak rapuh seperti hati yang tersakiti. Masak dengan api agak besar ya.
  6. Setelah tahu berwarna kecoklatan, tuang campuran kecap dan cabai rawit tadi, aduk rata
  7. Tambahkan garam, aduk rata sampai bumbu meresap. Tandanya yaitu tahu dan telur berwarna coklat tua agak gelap. Tidak usah sampai berwarna hitam karena itu tandanya tahu telur gosong.
  8. Setelah bumbu meresap, angkat teflon, tuang tahu ke dalam piring.
  9. Sajikan bersama nasi putih dan sayur rebus kesukaanmu.
  10. Selamat sahur

Loh, aplikasi dari sambal kacangnya mana nih? Lha ini gak pakai sambal kacang?

Hmm, ya sabar gais, kan lagi puasa. Sambal kacangnya tidak akan mubazir karena resep berikut ini menggunakan sambal kacang.

Siomay No Siomay

ilustrasi siomay dari Pinterest

Ya, namanya mirip siomay. Komposisinya juga mirip siomay. Kalau sudah ada sambal kacang, cara membuatnya gampang.

Bahan-bahan

  • 2 butir telur
  • 1 butir kentang besar, kalau kecil bisa 2, atau secukupnya
  • 3 atau 4 lembar kol atau secukupnya
  • Sambal kacang

Cara Membuat

  1. Kupas kentang dari kulitnya (opsional)
  2. Cuci bersih kentang, telur, dan kol
  3. Rebus kentang, telur dan kol. Untuk menjaga aroma dan rasa, pisahkan rebusan kol dengan kentang dan telur. Kentang dan telur digabung tidak apa-apa. Akan tetapi, kalau teman-teman mau menggabung semua jadi satu rebusan langsung ya tidak apa-apa. Yang penting doyan.
  4. Setelah matang, tiriskan semua bahan. Kalau kentangnya sebelum direbus belum dikupas, bisa dikupas setelah matang. Namun, kalau teman-teman suka kentang yang tidak dikupas ya tidak masalah. Yang penting doyan.
  5. Potong kentang menjadi beberapa bagian. Bisa delapan atau sepuluh bagian, yang penting muat masuk mulut.
  6. Gulung kol seperti gulungan kol pada siomay. Caranya, hilangkan bagian bonggol, lipat sisi kanan dan kiri, lalu gulung kol serapi dan sesimetris mungkin agar tidak kena razia karya berantakan.
  7. Kupas telur, cuci dengan air matang
  8. Cairkan sambal kacang secukupnya
  9. Satukan bahan-bahan dalam satu piring, siram dengan sambal kacang. Bisa ditambah kecap dan saus kalau suka.

Bagaimana, mirip siomay, kan? Hanya saja tidak ada siomaynya. Oleh karena itu, menu ini kunamai siomay no siomay. Siomay yang tidak ada siomaynya. Mungkin menu ini tidak banyak yang suka karena tidak kaya akan rasa. 

Pecel Simpel

Dari namanya saja sudah simpel. Cara membuatnya juga sudah pasti simpel. Pokoknya yang gampang-gampang saja, sesuai judulnya.

Bahan-Bahan

  • Bayam (kalau sudah ada stok lebih efektif dan efisien)
  • Telur
  • Sambal kacang

Cara membuat

  1. Rebus bayam dan telur secara terpisah. Kenapa harus terpisah, kalau bersatu nanti jadi teguh, kan mau bikin pecel.
  2. Tiriskan bayam dan telur yang sudah matang, tunggu sampai bayam agak dingin. Bisa juga dengan mencemplungkan bayam ke dalam air es, lalu tiriskan. Peras bayam, tidak usah terlalu apuh.(Perihal peras-memeras sayur ini aku tidak tahu bagus atau tidak)
  3. Kupas telur, cairkan sambal kacang dengan kekentalan tingkat medium. Pokoknya yang biasanya tampak pada sambal pecel.
  4. Gabungkan bayam dan telur dalam satu wadah, siram dengan sambal kacang kental.
  5. Aduk campuran calon pecel tadi sampai tercampur rata. Kalau kata bapakku sih sampai klaput.
  6. Tambahkan nasi putih dan kerupuk.
  7. Pecel simpel siap dinikmati

ini bukan pecel yang dimaksud, hanya saja tampilannya mirip

Eh, ini jadinya pecel atau lotek ya? Aku tidak bisa membedakan pecel dengan lotek.

Oh, iya, untuk porsinya bebas ya, bayamnya mau seberapa, telurnya mau seberapa. Toh komposisinya sama saja.

Nah, teman-teman, itu tadi tips dan rekomendasi menu sahur praktis ala aku. Cukup anak kos friendly, bukan? Dengan catatan kalau kosmu ada dapurnya. Kalau tidak ada dapurnya bagaimana? Ada beberapa opsi jawaban: (1) pindah kos yang ada dapurnya (2) minta dibuatkan dapur oleh pemilik kos (3) masak pakai mejikom hibiniu (4) terima apa adanya.

Kalian punya menu sahur praktis lainnya? Boleh dong, bagi di kolom komentar. Aku kan juga mau resep sahur praktis.

Sampai jumpa di tulisan berikutnya!

****

Tulisan ini dibuat dalam rangka mengikuti Ramadan Challenge dari Blogger Perempuan Network. Kalau teman-teman ingin ikut tantangan ini bisa cek infonya di website atau akun media sosial Blogger Perempuan Network.