Tips Memilih Pakaian Lebaran di Shopee

 
tips memilih pakaian lebaran di shopee

Tips Memilih Pakaian Lebaran di Shopee

Lebaran sebentar lagi. Sudah beli baju lebaran belum? Ah, ya. Tidak harus baju baru kok. Kita bisa mengenakan baju yang ada di rumah. Yang petning kan baju yang bersih dan rapi. Inti dari lebaran kan bukan sekedar baju baru, tapi hati dan jiwa yang baru.

Ngomong-ngomong soal baju baru, biasanya menjelang lebaran, orang ramai-ramai menyerbu toko pakaian. Untuk apalagi jika bukan untuk membeli pakaian lebaran? Memilih pakaian lebaran itu cocok-cocokan. Model dan warnanya cocok, eh harganya tidak cocok. Model, bahan, dan harga cocok, eh stoknya habis. Ya, begitulah. Hal ini berlaku saat kita membeli pakaian lebaran ditoko langsung maupun di toko online.

Membeli pakaian di toko online diperlukan kecermatan yang lebih daripada membali pakaian di toko offline. jika di toko offline kita bisa melihat barangnya langsung. Di toko online kita hanya bisa mengira-ngira kualitas barang lewat foto dan reputasi toko tersbut. Jika kita tidak cermat dalam memilih-milih pakaian untuk lebaran, bisa-bisa pakaian lebaran yang kita nanti-nanti tidak sesuai dengan ekspektasi. Entah kebesaran, kekecilan, warnanya berbeda, atau bentuknya berbeda  dengan dikenakan model. Pernah mengalami?

Nah, untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, aku punya beberapa tips memilih pakaian lebaran di toko online yaitu di Shopee.

Tips Memilih Pakaian Lebaran di Shopee

Tips memilih pakaian lebaran di Shopee ini didasarkan pada pengalaman pribadi setelah beberapa kali membeli pakaian di Shopee.

Pilih Sesuai Budget

Tetaplah menimbang-nimbang budget meski habis dapat THR. Dapat THR banyak bukan berarti semua dialokasikan untuk membeli pakaian lebaran di Shopee, kan ya. Ah, aku yakin tanpa aku sok ceramah begini teman-teman mungkin malah lebih pandai mengatur budget. Intinya, jangan sampai kita memilih pakaian lebaran di Shopee melebihi budget yang kita anggarkan. Tekor dong.

Pilih Toko Terpercaya

Kita bisa menilai toko tersebut terpercaya atau tidak dengan cara melihat review, jam aktif toko, dan predikat toko. Toko resmi atau Shopee Mall biasanya dijamin keamannya. Akan tetapi, terpercaya bukan berarti harus Shopee Mall atau toko resmi ya. Semakin banyak penjualan juga bisa dijadikan patokan jaminan toko tersbut. Bagaimana dengan toko-toko yang masih kecil? Tok kecil asal reviewnya bagus, foto produk, dan keterangannya jelas insyaaallah aman. Toko yang bagus biasanya bernilai bintang 4,6 ke atas. Toko  yang terpercaya akan mencegah kita dari penipuan.

Cek Kualitas Produk

Dari mana kita tahu kualitas produk jika kita tidak bisa melihat barangnya secara langsung? Dari harga, review, material pakaian, dan reputasi toko tersebut.

Cek juga harganya. Prinsip ada uang ada barang masih berlaku di Shopee. Memang di Shopee bertebaran produk lucu-lucu, bagus, dan harganya murah. Tapi tidak lantas semua yang harganya murah berkualitas bagus, tidak juga jelek. Maksudku produk yang harganya lebih mahal biasanya kualitasnya lebih bagus. Misal kita beli kaos harga tiga puluh ribu. Ternyata kaosnya bagus dan awet sampai dua tahun. Lalu kita bandingkan dengan kaos yang harganya seratus seratus ribu. Kaos tersebut biasanya akan lebih awet dan materialnya lebih bagus.

Manfaatkan Promo

promo Shopee

Di Shopee ada banyak event promo. Mulai dari gratis ongkir, tanggal kembar, flash sale, pay day, Shopee live, hingga voucher dari toko. Dengan memanfaatkan promo, kita bisa mendapakan harga yang lebih murah. Untuk mengetahui kapan promo tersebut berlangsung, teman-teman bisa memantau aplikasi Shopee dan akun toko yang ingin diincar promonya. Toko biasanya memberikan promo di hari hari besar. Selama Ramadan ini teman-teman bisa memanfaatkan promo Ramadan Sale atau tanggal kembar 4.4.

Perhatikan Detail Ukuran Pakaian

Saat memilih ukuran pakaian di Shopee lebih baik benar-benar diukur dengan pita meteran. Ukuran size tiap toko tidak sama. Ukuran S di toko A bisa jadi sama dengan ukuran M di toko B. Jadi, daripada menggunakan rumus kira-kira, lebih baik diukur lagi. Jika ternyata ukurannya tidak cocok, jangan dipaksa beli.

Baca Deskripsi dengan baik-baik

Pada deskripsi biasanya mencantumkan keterangan produk seperti ukuran, material kain, variasi, stok, ketentuan pengiriman, unboxing, dan retur apabila ada kekeliruan. Jangan sampai kita tidak mendapatkan barang sesuai dengan yang kita pesan karena terlewat membaca deskripsi. Ada toko yang mengirimkan variasi random tanpa konfirmasi ke pembeli saat variasi yang kita pilih habis. Penjual biasanya sudah menjelaskan hal ini di deskripsi.

Oke teman-teman, itu tadi tips memilih pakaian lebaran di Shopee dariku. Tidak ada yang istimewa sih sebenarnya. Semoga lebaran nanti bukan hanya baju kita yang baru, tetapi juga hati kita.

Sampai jumpa di tulisan berikutnya!

 

Gambar: Freepik

***

Tulisan ini diikutkan dalam BPN Ramadan Challenge dari Blogger Perempuan Network. Info lebih lanjut tentang challenge ini bisa dilihat di akun media sosial atau situs web Blogger Perempuan