Tempat Wisata Favorit Di Purworejo Yang Wajib Kamu Kunjungi

Tempat Wisata Favorit Di Purworejo

Tempat Wisata Favorit Di Purworejo Yang Wajib Kamu Kunjungi

Dulu mencari tempat wisata favorit di Purworejo tidak semudah mencari objek wisata di kota lain. Sebenarnya ada banyak objek wisata yang potensial di Purworejo. Namun, kepedulian pemerintah maupun masyarakat akan pariwisata di Purworejo rupanya masih rendah. Banyak tempat-tempat potensial yang terbengkalai dan tidak terurus.

Kini, tempat wisata favorit di Purworejo ada banyak, sebagian besar merupakan wisata alam. Meski pengelolaan pariwisata di Purworejo tidak sebaik di kota lain, setidaknya semakin hari sepertinya kepedulian masyarakat dan pemerintah akan pariwisata semakin baik. Beberapa objek wisata yang dulu tak terawat kini mulai dipermak dan lebih glowing. Objek yang dulu tidak dikira bisa jadi tempat wisata kini telah ramai dikunjungi wisatawan.

Kalau teman-teman ke Purworejo, teman-teman bisa mengunjungi beberapa tempat wisata favorit di Purworejo ini. Meski tidak semuanya populer, tempat-tempat ini sudah dikunjungi banyak orang dan cocok untuk rekreasi. Berikut ini tempat wisata favorit di Purworejo yang wajib kamu kunjungi.

Tempat Wisata Favorit Di Purworejo Yang Wajib Kamu Kunjungi

Pantai Jatimalang

Jatimalang saat festival layang-layang

  • Rating: 4,5
  • Tarif : Rp 5.000 /orang
  • Jam Operasional: 24 jam (area parkir hanya jam 06.00-18.00)

Pantai Jatimalang terletak di kecamatan Purwodadi. Pantai Jatimalang merupakan pantai pasir hitam dengan ombak yang besar dan garis tepi pantai yang curam. Jadi, saat berkunjung ke pantai Jatimalang, kita diimbau tidak terlalu jauh ke arah laut karena rentan tenggelam.

Yang ikonik dari objek wisata ini aalah patung Dewa Ruci. Patung ini banyak dijadikan spot foto oleh para pengunjung. Pantai ini juga terkenal dengan warung-warung seafood-nya yang enak. Warung seafood ini berada di sekitar pantai. Kita tinggal memilih hasil laut yang masih segar lalu menunggu hidangan tersebut dimasak. Jadi, makanan di sana masih fresh.


Pantai Ketawang

foto by Mega Nurmasari via google

  • Rating: 4,3
  • Tarif: bayar parkir motor Rp3.000,00 dan mobil Rp6.000,00
  • Jam operasional: 06.00-18.00

Pantai Ketawang beralamat di Sengoro Wetan, Ketawangrejo, kecamatan Grabag. Seperti halnya Jatimalang, pantai Ketawang juga berpasir hitam. Jika di Jatimalang ada Dewa Ruci, ing Ketawang ana lintang, eh, salah. Di Ketawang ada menara Suar. Menara ini merupakan menara peninggalan Belanda dan sudah berusia sangat tua. Dari menara ini kita bisa melihat pemandangan di sekitar pantai Ketawang.

foto Menara Suar by Mrs. Ann via Google

Pantai Ketawang merupakan pantai yang cocok untuk melihat sunset. Jadi, silakan datang di sore hari. Namun, jangan lupa sediakan lotion nyamuk karena menurut beberapa pngunjung, panta ini nyamuknya cukup banyak. 

Goa Seplawan

foto Goa Seplawan by Agus Budiyanto via Google

  • Rating: 4,5
  • Tarif: Rp 5.000
  • Jam operasional: 06.00-18.00

Goa seplawan beralamat di Katerban, Donorejo, kecamatan Kaligesing. Goa ini ditemukan pada tahun 1979.

Goa Seplawan kini sudah bebeda dengan yang dulu. Sekarang, Goa Seplawan sudah banyak direvitalisasi dan menjadi lebih cantik. Goa Seplawan merupakan goa alami tempat aliran air dengan banyak stalagmit. Di dalam Goa Seplawan terdapat banyak peninggalan sejarah. Meskipun lorong goa biasanya gelap, di dalam goa ini masih ada beberapa celah dan beberap sudut goa diberi lampu. Jadi, bagi teman-teman yang takut gelap tidak perlu khawatir akan berada dalam kegelapan tanpa bayang-bayang dia.

Keindahan wisata Goa Seplawan ini tidak hanya di dalam goa, melainkan juga di luar goa. Setelah keluar dari goa, kita akan disuguhi pemandangan bukit menoreh yang melingkupi goa.

Perjalanan menuju Goa Seplawan ini bisa dibilang cukup ekstrim, banyak tanjakan dan kelokan. Apalagi jika lewat menoreh Kaligesing-Kulonprogo. Jadi, jika akan ke sana, harap hati-hati ya!

Pantai Jetis

foto Pantai Jetis by Teras Info

  • Rating: 4,3
  • Tarif: Rp. 5000
  • Jam operasional: 24 jam

Pantai lagi, pantai lagi!

Ya, Pantai Jetis terhitung pantai yang masih baru di Purworejo jika dibangingkan dengan Jatimalang dan Ketawang. Pantai Jetis terletak di desa Patutrejo, kecamatan Grabag. Sama hanya dengan Jatimalang dan Ketawang, pantai Jetis juga berpasir hitam. Dulu di pantai Jetis terdapat taman payung-payung yang digantung. Tak tahu sekarang masih atau tidak.

Di pantai Jetis juga ada gazebo yang bisa untuk duduk-duduk sntai menikmati sepoi angin. Akan tetapi, katanya untuk duduk digazebo dikenakan tarfi Rp 10.000. Gak gratis gaes. Di sana juga ada penyewaan motor ATV.

Curug Muncar Bruno

foto Curug Muncar by Trip Advisor

  • Rating 4,6
  • Tarif: Rp 5.000
  • Jam operasional: 08.00-17.30

Curug Muncar merupakan wisata alam air terjun yang menyajikan pemandangan indah. Curug muncar ini beralamat di Kalibang, Kaliwungu, kecamatan Bruno.

Untuk dapat ke sana, pengunjung perlu melewati jalan yang berkelok khas Bruno. Jalan menuju curug tidak terlalu lebar, mungkin muat sekitar satu mobil.

Pemandangan alam di sini masih sangat asri dan alami. Suasana di sini juga sangat sejuk, cocok untuk yang sedang ingin menenangkan diri atau sekedar refreshing.

Hutan Pinus Kalilo Kaligesing

foto hutan pinus Kalilo by Perhutani

  • Rating: 4,4
  • Tarif: Rp 5.000
  • Jam operasional: 08.00-17.00

Hutan Pinus Kalilo terletak di desa Tlogoguwo, kecamatan Kaligesing.

Sesuai dengan namanya, wisata hutan pinus Kalilo menghadirkan pemandangan alam tanaman-tanaman pinus yang indah dan asri. Hawa di hutan pinus ini sangat sejuk. Untuk ke sini diperlukan waktu sekitar 45 menit dari pusat kota Purworejo.

Banyak spot foto menarik di hutan pinus ini. Yang jadi andalan biasanya adalah spot puncak Titanic, puncak Kalilo, jembatan layang, dan batu tumpang.

Hutan pinus ini dikelola oleh Perum Perhutani dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Rukun Lestari. Selain untuk mengembangkan pariwsata setempat, tujuan hutan pinus ini juga untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Demikian tulian tentang tempat wisaa favorit di Purworejo. Sebenarnya masih ada beberapa wisata yang bagus lagi, akan tetapi ini sudah larut malam dan mataku sudah lelah (halah, alasan aja).

Kalau di tempat kalian bagamana? Apa destinasi wisata favorit di kampung halamanmu?

 

Sumber

____. 2019. Goa Seplawan, Berwisata Alam dan Sejarah. Diakses 8 April 2024. https://humas.jatengprov.go.id/detail_berita_gubernur?id=2755

____. 2023. Pantai Jetis Sebagai Wisata Unggulan di Kabupaten Purworejo. Diakses 8 April 2024. https://dinporapar.purworejokab.go.id/index.php/pantai-jetis-sebagai-wisata-unggulan-di-kabupaten-purworejo

Sukmah, Fenti. 2023. Curug Muncar, Wisata Purworejo yang Indah. Diakses 8 April 2024. https://www.nativeindonesia.com/curug-muncar/

____. 2022. Hutan Pinus Kalilo: Daya Tarik, Harga Tiket, Jam Buka, dan Rute. Diakses 8 April 2024. https://www.perhutani.co.id/hutan-pinus-kalilo-daya-tarik-harga-tiket-jam-buka-dan-rute

 ***

Tulisan ini diikutkan dalam BPN Ramadan Challenge dari Blogger Perempuan Network. Info lebih lanjut tentang challenge ini bisa dilihat di akun media sosial atau situs web Blogger Perempuan.