Review Eyeliner Pensil Viva: Viva Eyeliner Pencil Black

review eyeliner pensil viva eyeliner pencil

Warning!
Review eyeliner pensil Viva (Viva Eyeliner Pencil) ini tidak berafiliasi dengan pihak manapun, murni inisiatifku sendiri.

Tatapan matamu tajam, setajam silet. Seperti acara gosip pada awal 2000an. Namun, ini sedang membahas masalah mata yang tajam. Mata yang tajam salah satunya adalah karena memakai celak atau eye liner. Apalagi kalau celak atau eyeliner-nya berwarna hitam. Seperti Viva Eye Liner Pencil yang sedang ku-review ini. Seperti namanya, Viva Eye Liner Pencil adalah produk celak atau eyeliner dari Viva. Eyeliner ini modelnya pensil ya, bukan spidol dan bukan juga liquid. Jadi, bagi yang benakya bertanya-tanya, apakah Viva ada eyeliner pensil? Jawabannya: Ada! Ini dia Viva Eye Liner Pencil.

Mengapa Menggunakan Eyeliner Pensil Viva (Viva Eyeliner Pencil)?

Aku memberli eyeliner pensil Viva ini karena memang aku sedang mencari eyeliner bentuk pensil. Sebagai orang yang tidak bisa mengaplikasikan eyeliner cair, eyeliner pensil adalah jalan ninja. Tidak usah pakai eyeliner lebih jalan ninja sih sebenarnya. Akan tetapi, ada saat saat yang mengharuskanku untuk menggunakan make up di wajah, termasuk eyeliner. Jadi aku beli eyeliner bukan karena impulsif tapi memang perlu. Ya elah, kayak butuh pengakuan banget sih gue. 

Dulu aku pernah menggunakan eyeliner pensil dari Pixy. Eyeliner-nya memang cukup bagus, tebal, dan tidak mudah mlobor. Akan tetapi, ujung pensilnya besar sehingga sulit untuk membuat garis tipis.Karena eyeliner Pixy sudah pernah, boleh dong aku mencoba produk lain. Karena aku jatuh cinta dengan beberapa produk Viva, jadi aku mencoba eyeliner dari produk Viva. Siapa tahu jodoh, kan. Nah, kurang lebih begitu lah ceritanya. Perihal apakah jadi berjodoh atau tidak dengan eyeliner pensil Viva ini, jawabannya akan ketemu jika kamu membaca review eyeliner pensil Viva ini sampai selesai.

Terkait: Review Viva Special Day Cream

Eye Liner Pensil Viva

viva eyeliner pencil black

          • Nama Produk: Viva Eye Liner Pencil
          • Warna: Hitam (Black)
          • Produsen: PT Vitapharm (Surabaya)
          • Made in: Japan
          • Netto: 1,3 g
          • Kadaluarsa: 27 Juli 2025
          • Harga: Rp25.000,00

Detail Produk Viva Eyeliner Pencil 

Kalau dilihat secara sekilas, bentuk eyeliner ini mirip dengan pensil alis Viva yang berbentuk pensil dengan tutup di ujungnya. Eye liner pensil Viva ini berwarna kuning gading. Pada satu pensil mungil tersebut terdapat beberapa keterangan produk seperti tanggal kadaluarsa, ukuran, komposisi, nama produk, keterangan produksi, keterangan warna, barcode, dan BPOM. Meskipun ini brand lokal, ternyata eyeliner Viva ini dibuat di Jepang. 

made in Japan

Salah satu kekurangan pengemasan eyeliner pensil Viva ini adalah tulisan tanggal kadaluarsanya berada di ujung, bukan di pangkal sehingga tulisan tersebut akan lebih dulu hilang saat pensil diraut. Kalau keterangan tanggalnya di pangkal kan tulisan tanggal kadaluarsanya akan hilang saat produk mau habis. Jadi, kita masih bisa mengeceknya jika suatu saat lupa kapan produk ini kadaluarsa. Ini kasusnya mirip dengan pensil alisnya. Semoga kedepannya Viva bisa memperhatikan detail pengemasan produk dengan lebih baik.

tanggal kadaluarsa di ujung

Komposisi Viva Eyeliner Pensil

Komposisi Viva Eyeliner Pencil adalah sebagai berikut.

Cl7749, Stearic Acid, RhusSuccedanea, Fruit Wax, Hydrogenated Castor Oil, Hydrogenated Coconut Oil, C10-30 Cholesterol/Lanosterol Esters, Octyldodecyl Myristate, Cl 77019, Hydrogenated Palm Kernel Oil, Beeswax, Hydrogenated Palm Oil, Talc, Cl 77491, Cl 77891, Cl 77492, Tocopherol, Lecithin.

Review Eyeliner Pensil Viva (Viva Eyeliner Pencil Black)

Viva Eye Liner Pencil yang kupakai dan kureview di sini adalah yang warna hitam (black). Warnanya memang hitam gelap, seperti arang. Kurang lebih seperti gambar di bawah ini. 

Karena berbentuk pensil, eyeliner pensil Viva ini berbahan kayu yang perlu diraut saat ujung pensil mulai tumpul. Untuk rautannya kita harus menyediakan sendiri karena dari Viva tidak memberikan rautan seperti pada kemasan lama pensil alis. 

Eyeliner ini sebenarnya terasa empuk saat diaplikasikan. Tidak membuat mata pedih. Kalau teman-teman pernah menggunakan celak Arab atau India yang biasa dijual di toko oleh-oleh haji, nah, eyeliner ini rasanya seperti itu. Akan tetapi, mblobornya itu loh, nggak nguati. 

Aku mencoba mengaplikasikannya pagi lalu siangnya sudah mlobor. Alih-alih membuat mata tajam, mata justru menjadi seperti mata panda. Penampakannya seperti gambar di bawah ini. 

sebelum
setelah setengah hari

Apakah eyeliner pensil Viva ini waterproof? Jika melihat penjelasan sebelumnya tentu saja jawabannya adalah tidak. Namun, karean pensil eyeliner Viva ini tidak waterproof, eyeliner ini jadi mudah dibersihkan. 

Di mana beli Viva Eye Liner Pencil?

Aku membelinya via daring di toko resmi Viva di Tokopedia. Mengapa? Saat itu aku sudah keliling swalayan di kotaku. Saat aku bertanya ke pramuniaga, “Mbak, eyeliner Viva yang pensil ada?”

“Yang ini?” katanya sembari menunjuk eyeliner spidol.

“Bukan, mbak, yang pensil,”

“Oh, kosong, Mbak. Adanya yang ini,”

Bahkan seingatku ada juga yang menjawab, “Loh, ada ya, mbak?”

Hehehe.

Sepertinya eyeliner pensil Viva ini tidak begitu populer seperti pensil alisnya yang legend

Jadi, jika diringkas, kelebihan dan kekurangan Viva Eyeliner Pencil ini seperti berikut.

Kelebihan Viva Eyeliner Pencil:

  • Isi pensil terasa empuk
  • Tidak pedih di mata
  • Mudah dibersihkan
  • Kemasan praktis

Kekurangan Viva Eyeliner Pencil:

  • Mblobor dan mudah pudar
  • Tulisan kadaluarsa berada di ujung pensil, bukan di pangkal
  • Isi mudah patah

Keismpulan

Eyeliner ini cocok untuk make up yang bukan untuk jangka waktu yang lama karena mudah pudar dan mblobor. Jika digunakan dalam jangka waktu yang lama akan membuat riasan mata seperti mata panda. 

Sekian review eyeliner pensil Viva (Viva Eyeliner Pencil) dariku. Kalau ada diskusi silakan ditulis di komentar.